WASHIYAT RASULULLAH TENTANG GENERASI MUDA DAN PERJUANGAN

oleh: Buya Rusman Mukhtar

Rasulullah saw memberikan washiyat tentang Generasi Muda, agar mereka diberi peran strategis dalam perjuangan ke depan, sebagaimana sabda beliau:

” أوصيكم بالشباب خيراً. فإنهم أرق أفئدة.. لقد بعثني الله بالحنيفية السمحة.. فحالفني الشباب وخالفني الشيوخ “. رواه البخاري.

Aku washiyatkan kepada kalian, hadapilah generasi muda itu dengan baik, sesungguhnya mereka mempunyai perasaan yang sangat halus, sesungguhnya Allah telah mengutusku dengan ketulusan dan kemudahan, di depanku generasi muda dan di belakangku orang-orang tua.

Dr. Hasan Syamsi Basya mengatakan bahwa:
الشباب هم عماد الحاضر وأمل المستقبل
Generasi muda itu adalah pilar zaman sekarang dan harapan masa depan.

Nabi Muhammad saw memberikan pesan yang jelas bahwa generasi muda harus diberikan kepercayaan dan peran yang penting dalam perjuangan dan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Saidina Ali bin Abi Thalib adalah sosok seorang pemuda yang telah berani melaksanakan tugas menggantikan posisi Rasulullah untuk tidur di kamar Rasulullah saw ketika orang-orang kafir Quraisy telah mengepung rumah beliau dengan maksud membunuhnya.

Usamah bin Zaid adalah sosok seorang pemuda pemberani dan memiliki kemahiran dalam peperangan. Dia adalah panglima perang yang terakhir yang diangkat oleh Rasulullah saw ketika dia masih berusia 18 tahun, masih sangat muda remaja. Ternyata dia berhasil dan berkali-kali merebut kemenangan memimpin peperangan melawan kaum kafir.

Sudah saatnya generasi tua hari ini mau memberi kepercayaan kepada generasi muda. Janganlah menjadi generasi tua yang selalu menjadi juara bertahan tidak mau memberi kesempatan kepada anak muda. Apalagi menjadi orang tua yang selalu curiga kepada anak muda, pada hal mereka adalah anak-anak muda kita. Apakah kita harus menunggu generasi muda dari negara lain yang akan memimpin negeri ini?

Tantangan perjuangan dalam kehidupan beragama dan bernegara ke depan akan semakin besar, dan persaingan akan semakin ketat. Kita butuh pejuang-pejuang yang tangguh, mereka adalah generasi muda, karena mereka masih kuat, mereka memiliki semangat yang tinggi, mereka memiliki wawasan dan ilmu pengetahuan yang luas, yang pasti mereka lebih energik.

Beri mereka kepercayaan, beri mereka kesempatan, karena masa depan adalah milik mereka. Ikutilah uswah yang diberikan oleh Rasululullah saw yang mengangkat Usamah bin Zaid di kala usianya baru belasan tahun. Memang sebuah keputusan yang sangat berani dan kontroversial yang dilakukan oleh Rasululullah, tetapi ada pesan yang jelas yang disampaikan beliau: “bahwa perjuangan untuk melaksanakan tugas risalah dakwah Islamiyah ke depan harus diserahkan kepada generasi muda”. Pemuda di depan orang tua di belakang, insya Allah kita menang dan tidak akan menang-is.

Nashrun Minallahi Wafathun Qarieb

Sumber : sangpencerah.id